Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Yang Diberikan Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita Semua, Mari Berbagi Informasi Ini Kepada Yang Lain

Friday, May 6, 2011

Pentingnya Enzim Untuk Metabolisme Tubuh


Pernahkah Anda mendengar atau barangkali sudah membaca buku "The Miracles of Enzym" karya dr. Hiromi Shinya yang saat ini menjadi salah satu buku dengan penjualan terbanyak atau best seller? Buku ini menarik karena mengajak pembacanya memahami masalah kesehatan dengan cara mengerti cara kerja tubuh dan enzim. Ya enzim berperan penting dalam kerja tubuh kita. Apa saja?
Pernah merasakan perut kembung, rasa tidak nyaman pada perut hingga diare? Hati-hati karena bisa jadi itu pertanda Anda kekurangan enzim. Apa sebenarnya enzim? Enzim berperan penting dalam kerja tubuh kita. Terkait metabolisme tubuh misalnya, enzim bertanggungjawab menjaga kesehatan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan enzim dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan dan selanjutnya menyebabkan gangguan penyerapan. Semua yang kita lakukan, mulai bernafas, mengunyah sampai proses pembuangan, enzim ‘terlibat’ didalamnya.

Fungsi Enzim
Ada tiga enzim besar yang berperan dalam tubuh kita yakni enzim pencernaan, metabolisme dan enzim yang berasal dari luar yakni dari makanan sehari-hari dan food suplemen.
Enzim membantu molekul-molekul yang dipecah dari makanan yang dikonsumsi agar bisa diserap oleh tubuh manusia. Misalnya : nasi setelah dikunyah, akan hancur dan jadi karbohidrat. Kemudian karbohidrat ini akan dipecah lagi menjadi protein dan pecah lagi menjadi molekul yang lebih kecil, seluruh proses tersebut dibantu oleh enzim.
Enzim juga menjaga koordinasi tubuh sehingga semua dapat berfungsi dengan baik. Bahkan tidak itu saja enzim juga membantu pembentukan sel-sel tubuh dan jaringan baru. Enzim juga dibutuhkan untuk melihat, mendengar, mencium, bernafas dan bergerak.

Kekurangan Enzim
Enzim akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Selain faktor alami semacam ini, ada faktor lain yang mendorong enzim tak lagi diproduksi salah satunya dari makanan yang dikonsumsi, cara makan dan mengunyah yang tidak teratur. Merokok dan minum minuman beralkohol juga memicu berkurangnya produksi enzim padahal enzim bertanggungjawab menjaga kesehatan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan enzim dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan dan selanjutnya menyebabkan gangguan penyerapan.
Lalu apa lagi faktor yang bisa mengurangi produksi enzim? Anda yang sering stres, berhati-hatilah karena saat stres, tanpa disadari enzim dalam tubuh ikut terkuras. Lalu apa akibatnya jika kekurangan enzim?
Gejala-gejala yang umum muncul adalah timbulnya gangguan pencernaan. Jika Anda merasa kembung pada perut, nafsu makan menurun, diare, perut tidak nyaman, suara usus yang meningkat, bahkan ada yang ingin muntah, boleh jadi itu pertanda kurang enzim.

Salah satu produk herbal yang dapat membantu mencukupi kebutuhan enzim adalah : JELI GAMAT dan SPIRULINA PACIFICA karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang bisa membantu memperlancar proses metabolisme tubuh yang terdiri dari bahan-bahan alami bebas dari efek samping.

1 comment: