Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Yang Diberikan Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita Semua, Mari Berbagi Informasi Ini Kepada Yang Lain

Sunday, May 8, 2011

Pembersihan Usus Besar (Colon Cleansing)



Usus besar (colon) yang sehat merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat, usus besar merupakan akhir perjalanan pencernaan panjangnya 150-155 cm dengan diameter 12 cm.
Fungsi utamanya sebagai tempat persediaan air, penyerapan mineral, dan tempat pembentukan serta pembuangan sampah tubuh. Umumnya, setiap orang dengan berat badan normal memiliki 5-12 kg kotoran kering di usus besarnya, dan bisa lebih bila termasuk kelebihan berat badan.
Di dalam tubuh terdapat banyak lendir yang menghalangi peredaran darah, sehingga dapat jadi penyebab timbulnya penyakit atau dapat menghambat proses penyembuhan saat sedang sakit.
Pola makan tinggi lemak seperti keju, mentega, nasi, susu, gula, daging, atau tepung tapi rendah serat, juga makanan yang diawetkan dianggap penyebab timbulnya lendir dan bertumpuknya bahan tak berguna di usus, karenanya perlu dibersihkan dari tubuh agar tetap sehat.
Bila sering kali mengalami sulit buang air besar, sakit kepala, sakit punggung, kelelahan berkepanjangan (fatigue), napas atau bau badan tak sedap, gangguan kulit serius, stres berat, rentan flu, dan vitalitas rendah, bisa jadi sebagai tanda sistem pembuangan tubuh perlu dibersihkan dan yang berbahaya bila usus tidak dibersihkan resiko terserang kanker usus besar menjadi semakin tinggi.
Berdasarkan data statistik kedokteran bahwa ancaman terserang kanker usus besar mulai terjadi pada usia 40 tahun [terutama bagi yang hidup dengan pola makan kehidupan modern], seiring dengan meningkatnya usia seseorang ancaman tersebut semakin bertambah pula, cara untuk mendeteksi bahaya serangan kanker usus besar dengan tindakan Kolonoskopi.
Apa Yang Dimaksud Dengan Kolonoskopi?
Kolonoskopi adalah tindakan untuk memeriksa Saluran Usus Besar dengan menggunakan peralatan canggih berupa Lensa Serat Optik yang sangat lentur yang dimasukkan melalui anus (dubur) sampai menjangkau Usus Besar. Gunanya terutama untuk memeriksa keadaan dinding Usus Besar dari bahaya adanya Polip atau kelainan yang dicurigai sebagai keganasan.
Di negara-negara maju pemeriksaan Kolonoskopi ini sangat dianjurkan sebagai bagian dari uji kesehatan (Check Up) untuk yang berusia diatas 40 tahun dan terutama yang berusia lebih dari 50 tahun untuk dilakukan setiap 3-5 tahun sekali. Dengan dapat terdeteksi secara dini dapat diambil tindakan sebelum tumor ganas tersebut menyebar yang dapat membahayakan kehidupan seseorang (kematian), karena seperti diketahui biasanya apabila keluhan telah timbul dan dirasakan oleh seseorang, tumor telah berada pada fase lanjut dan sulit disembuhkan. Sebaiknya apabila adanya tumor ganas dapat dideteksi pada fase dini, biasanya nyawa penderita dapat diselamatkan dengan tindakan operasi maupun dengan pengobatan lainnya.
Dokter gizi, DR. Dr. Walujo Soerjodibroto, Ph.D, mengatakan bahwa kalau kita sudah terbiasa sejak kecil mengasup makanan berserat, lendir-lendir tadi tidak akan ada. Lapisan lendir ini baru dapat lepas bila kita melakukan pembersihan usus (colon cleansing) secara teratur.
Cara pembersihannya selain menggunakan obat pencahar bisa pula dengan melakukan Colon Hidroterapi di dokter/rumah sakit atau dengan konsumsi makanan herbal yang alami.
Pembersihan dengan obat pencahar maupun Colon Hidroterapi hanya sekedar tindakan pembersihan usus tetapi tidak disertai dengan pemberian nutrisi yang sangat diperlukan oleh sel-sel tubuh, karenanya pembersihan usus dengan cara konsumsi makanan herbal merupakan alternatif yang baik selain membersihkan juga memberikan asupan nutrisi yang lengkap sehingga ikut membantu menyehatkan kondisi usus [buah-buahan dan sayur juga memberikan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti : protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan enzim hanya saja karena sayuran dan bahan makanan itu dimasak apalagi dengan suhu tinggi maka kandungan zat-zat berkhasiat yang terkandung didalamnya bisa hilang atau lenyap meski tidak seluruhnya]
Makanan herbal berkhasiat yang baik untuk membersihkan usus adalah Colon Cleanse Plus, dengan konsumsi herbal ini sesuai takaran maka usus akan dibersihkan dan sekaligus akan disehatkan selain itu tindakan terapi bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.
Jangan sepelekan kondisi usus besar anda karena bisa menjadi sumber timbulnya penyakit, bahkan bila sudah parah dapat menjadi penyebab kematian, mulailah diperiksa dan dibersihkan dengan Colon Cleanse Plus.

3 comments: