Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Yang Diberikan Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita Semua, Mari Berbagi Informasi Ini Kepada Yang Lain

Sunday, July 10, 2011

Kiat Cegah Osteoporosis




Osteoporosis umumnya lebih banyak terjadi pada kaum wanita, setelah masuk menopause akan cepat sekali mengalami osteoporosis. Hal ini karena ketika wanita mengalami menopause hormon-hormon kewanitaannya turun drastis. Padahal hormon tersebut salah satu fungsinya mencegah agar tulang tidak cepat mengalami osteoporosis.
Salah satu ciri osteoporosis adalah punggung yang membungkuk, selain itu adalah tulang yang rapuh dan mudah patah, tubuh tampak semakin pendek serta sakit dibagian punggung dan leher.
Mulai sekarang amati diri anda atau keluarga anda, apakah ada ciri-ciri osteoporosis yang disebutkan diatas, jika ada salah satunya maka sebelum terlambat menjadi lebih parah sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Setidaknya ada 3 langkah untuk pencegahan Osteoporosis :
  • Konsumsi nutrisi yang benar, yang mengandung kalsium, kolagen, vitamin D,B,C,K dan mineral-mineral lainnya.
  • Kurangi faktor risikonya, seperti stop merokok, kurangi konsumsi obat dengan hormon steroid/tiroid, stop minuman beralkohol.
  • Hindari terjatuh
  • Olah raga yang teratur walaupun hanya olah raga ringan.
Dengan langkah-langkah tersebut jika usia kurang dari 40 tahun maka dapat menambah tabungan kalsium sehingga dapat membantu pencegahan osteoporosis di masa tua. Jika usia sudah diatas 40 tahun maka langkah-langkah diatas dapat mencegah proses pengambilan kalsium dari tulang sehingga dapat menurunkan laju osteoporosis.
Juga yang tak kalah penting untuk mencegah tubuh menjadi bungkuk, adalah sikap duduk dan berdiri selalulah bersikap tegap tinggi [seperti tentara/polisi] tetapi tidak perlu berwajah tegang, dengan senyum manis tentu tampak lebih anggun. Semoga bermanfaat.


3 comments:

  1. Jaga makanan, maka tubuhpun sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ..dg jaga makanan dan tidur yg cukup maka setidaknya bs membuat tubuh sehat, namun tingginya polusi udara serta konsumsi makanan yg mengandung pengawet & pestisida tdk bs dihindari di era saat ini karenanya perlu asupan makanan kesehatan yg mengandung kecukupan vitamin, mineral dan nutrisi yg dibutuhkan sel-sel tubuh al. dg konsumsi Jeli Gamat dan Spirulina Pacifica ..

      Delete